Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif metode guided
discovery lesson melalui contoh kasus terhadap pemahaman mahasiswa dalam analisis uji
hipotesis statistik. Metode yang digunakan adalah metode peneitian kuantitatif dengan
desain eksperimen menggunakan desain kelompok kontrol (The Posttest-Only Design
with nonequivalent Group). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan di IAIN Mataram pada
mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam pada Bulan Mei – Oktober 2017. Instrumen
yang digunakan untuk mengukur pemahaman mahasiswa adalah dengan menggunakan
soal essay . Teknik analisi data menggunakan uji kesamaan dua rerata (Uji-t) melalui uji
satu pihak menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pada kelas kontrol sebagian besar yaitu 63% dari total keseluruhan mahasiswa memiliki
pemahaman uji hipotesis statistik yang rendah. Kemudian sebagian besar mahasiswa
atau 66% dari total keseluruhan kelas eksperimen tergolong memiliki pemahaman
analisis uji hipotesis statistik yang tinggi. Dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung=
3,255, sehingga thitung= 3,255 >ttabel(0,05:72)=1,990, Maka H0 diterima dan H1
ditolak pada taraf signifikan α=0,05 artinya strategi pembelajaran discovery leason melalui contoh
kasus berpengaruh positif terhadap pemahaman mahasiswa dalam menganalisis uji
hipotesis statistik.