Main Article Content
Abstract
Keterlibatan orang tua dalam setiap perkembangan anak sangat besar perannya. Orang
tua berperan besar dalam membentuk sikap dan karakter anak khususnya dalam belajar.
Sikap positif membantu anak mencapai keberhasilan belajar, dan keberhasilan ini bisa
diraih dengan keterlibatan orang tua secara aktif dalam mendampingi peserta didik
selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keterlibatan
orang tua dalam membentuk sikap positif belajar siswa. Dalam penelitian ini diterapkan
pendekatan kualitatif dengan menggunakan tiga instrument pengumpul data yaitu
kuesioner, wawancara semi terbuka, dan observasi pasif. Adapun temuan dari penelitian
ini adalah keterlibatan orang tua dalam mendorong perkembangan positif siswa yaitu
perkembangan semangat dan kualitas belajar siswa. Serta temuan selanjutnya sikap
positif belajar siswa yaitu berupa 1) rajin belajar di kelas, (2) rajin mengerjakan tugas
rumah, (3) kedisiplinan siswa dalam belajar,(4) aktif dalam berpartisipasi di kelas,(5)
kepercayaan diri akan hasil belajar, (6) konsentrasi belajar siswa, (7) mandiri dalam
belajar,(8) bertanggung jawab dalam belajar.