Main Article Content

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dua hal,
yakni: (1) peranan dewan pendidikan dalam mengembangkan pendidikan
Kabupaten Pacitan di era revolusi industri 4.0; (2) konsep pengembangan
pendidikan Kabupaten Pacitan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif yang bersifat tela’ah pustaka. Yakni, mengkaji
peranan dewan pendidikan dalam pengembangan pendidikan di Kabupaten
Pacitan di era revolusi industri 4.0 dengan menganalisa data yang telah ada
didalam kajian kepustakaan. Penelitian ini menemukan bahwa (1) peranan dewan
pendidikan dalam mengembangkan pendidikan Kabupaten Pacitan di era revolusi
industri 4.0 sangat menentukan arah kebijakan dibidang pendidikan; (2) konsep
pengembangan pendidikan Kabupaten Pacitan di era revolusi industri 4.0 dapat
memadukan antara pendidikan informal, formal dan non formal secara simultan.
Dijalur pendidikan informal dapat melalui penyuluhan dan pelatihan berbagai
program keluarga harapan. Kemudian, dijalur pendidikan non formal dan formal
dapat dilaksanakan melalui pelbagai pelatihan, workshop, dan lokarya pendidikan

Article Details

How to Cite
Mukodi, M. (2019). Peranan Dewan Pendidikan dalam Pengembangan Pendidikan Di Kabupaten Pacitan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1608–1814. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/199