Main Article Content
Abstract
Mata pelajaran Matematika di SD/MI sangat membutuhkan media dan model pembelajaran
yang nyata dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan anak tingkat sekolah dasar
masih membutuhkan hal hal konkrit dalam menyusun pemahamannya. Sehingga dalam
penelitian ini yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model
pembelajaran RME dengan media realia terhadap hasil belajar matematika pada siswa
Kelas V MI Al Hikam kecamatan Geger Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kuantitatif dengan membagi kelompok perlakuan menjadi dua bagian,
teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan uji t
(Student test).
Hasil penelitian untuk uji normalitas populasi adalah normal dengan hasil kelas eksperimen
Lobs = 0,1317 < L(0,05;42) = 0,1367 dan hasil kelas kontrol Lobs = 0,1293 < L(0,05;43) = 0,1351 ,
untuk uji homogenitas variansi menyatakan heterogen hal ini dikarenakan Fhitung =
2,12 dan Ftabel = 1,69. Karena Fhitung > Ftabel maka H0 ditolak artinya kedua sampel
heterogen. Hasil Uji t menunjukkan hitung t sebesar 1,443 dan nilai tabel t sebesar 1,282
sehingga diperoleh hitung tabel t > t sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti penggunaan model RME dengan media realia dalam pembelajaran metamatika lebih
baik dari pada pengajaran langsung.