Main Article Content

Abstract

Meyoal pendidikan dan beragam ikutannya, tentunya tidak bisa melepaskan dari
pemahaman dasarnya; yakni makna filosofis pendidikan, faktor pendidikan, dan ilmu
pendidikan itu sendiri. Sebab, ketiga terma tersebut menjadi landasan berpijak. Kajian ini
bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang makna pendidikan, ilmu pendidikan
serta faktor-faktor pendidikan. Metode penulisan kajian ini menggunakan kepustakaan
(library research). Kajian ini bersifat deskriptif-analitik. Sumber data kajian ini adalah
artikel, buku filsafat pendidikan dan pendidikan. Data skundernya adalah semua tulisan
yang mendukung pokok bahasan pendidikan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa; (1)
pendidikan diartikan oleh masing-masing pakar pendidikan dengan cara pandang dan
perspektif yang berbeda. Hanya saja, pada intinya kesemuanya tetap mempunyai konsep
yang sama, yakni bahwa pendikan dibuat dan didesain untuk memanusiakan manusia,
di mana pun dan kapan pun mereka berada; (2) faktor-faktor pendidikan yang meliputi;
tujuan, pendidik, anak didik, alat pendidikan, dan lingkungan merupakan komponen
yang harus ada dalam proses pendidikan. Keberadaannya pun harus dikondisikan dengan
baik. Ketidakharmonian masing-masing darinya akan menyebabkan pendidikan tidak
berjalan sesuai harapan; (3) ilmu pendidikan, sebagai ilmu terapan, semestinya dijadikan sebagai tumpuhan dalam mengefektifkan proses pemanusiaan manusia (pendidikan)
yang berlangsung.

Article Details

How to Cite
Mukodi, M. (2018). Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan dan Faktor-Faktor Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1468–1476. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/196