Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan partisipasi belajar peserta didik dalam
proses belajar, karena Google Classroom memiliki ruang diskusi yang cukup luas dan
tanpa batas, dimana pendidik dapat menciptakan kelas kolaboratif dalam hubungan
interaktif dengan peserta didikyang lain. Google Classroom memiliki beberapa fitur
yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran antara lain halam utama yang dapat
menampilkan tugas peserta didik, penyusunan kelas yang sesuai dengan keinginan
pendidik, penyimpanan di Google Drive, dapat diakses melalui smartphone, dapat
menampung semua jenis file, dan dapat menambahkan gambar profil. Selain itu ada fitur
lain yang dapat digunakan pendidik dalam mengembangkan materi yaitu Reusepost,
Createquestion, Createassignment, dan Createannouncement. Selain itu Google Classroom
merupakan salah satu media pembelajaran yang berbasis metode pembelajaran inkuiri,
karena Google Classroom dapat melibatkan kemampuan peserta didik secara maksimal
dalam mencari, memahami, menyelidiki, menganalisis dan merumuskan hasil belajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan. Hasil pemanfaatan media Google Classroom diaplikasikan ke
dalam desain perkuliahan mata kuliah strategi pembelajaran yang terdiri dari dua aspek
yaitu materi perkuliahan dan metode perkuliahan. Materi perkuliahan yang disajikan
secara terorganisir dan terstruktur, sedangkan metode perkuliahan yang dikembangkan
terbagi menjadi dua yaitu secara kelompok dan individu. Hasil penelitian ini adalah
meningkatnya partisipasi peserta didik sebanyak 80% yang diukur menggunakan skala
likert.