Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan teknik KaKi gaya
quantum learning dalam pembelajaran membaca komprehensif, (2) manfaat penerapan
teknik KaKi gaya quantum learning dalam pembelajaran membaca komprehensif, (3)
kendala penerapan teknik KaKi gaya quantum learning dalam pembelajaran membaca
komprehensif, dan (4) solusi untuk mengatasi kendala penerapan teknik KaKi gaya
quantum learning dalam pembelajaran membaca komprehensif. Bentuk penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus yang mengambil
lokasi di IAIN Surakarta. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, dan
dokumen. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif
yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, Penerapan teknik KaKi Gaya
Quantum Learning meliputi dua komponen utama, yaitu perencanaan pembelajaran
dan pelaksanaan pembelajaran. Kedua, ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika
menerapkan teknik membaca Gaya Quantum Learning. Ketiga, kendala-kendala dalam
penerapan teknik KaKi Gaya Quantum Learning dapat dibedakan menjadi enam sumber
kendala, yaitu: (a) kesulitan dalam hal menyunting buku; (b) kurang maksimal dalam
pengerjaan teknik KaKi; (c) malas membaca buku yang kurang disukai; (d) banyak
teknik yang harus diterapkan; (e) lingkungan membaca yang kurang kondusif; (f) kendala
pengelolaan waktu. Keempat, solusi yang diterapkan untuk mengatasi kendala-kendala
tersebut, yakni: (a) perlu mendalami ilmu penyuntingan; (b) lebih giat dalam berlatih
teknik KaKi; (c) memilih buku-buku bacaan yang menarik dan berkualitas; (d) perlunya
pembiasaan rajin membaca; (e) menumbuhkan semangat untuk menghindari rasa malas,
dan (f) perlunya perencanaan yang matang.

Article Details

How to Cite
Uswatun Hasanah, D., & septiana, husnul. (2018). Teknik Membaca Kaki Gaya Quantum Learning dalam Pembelajaran Membaca Komprehensif: Penerapan Dan Manfaat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 1450–1461. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/191