Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan
kemandirian belajar mahasiswa semester 7 dalam perkuliahan Analisis Numerik. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4-D
yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil
validasi dari validator LKM memenuhi kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid,
karena memperoleh nilai rata-rata 91,15%, (2) LKM memenuhi kriteria kepraktisan,
karena respon mahasiswa positif pada kelas uji coba terbatas ataupun uji coba lapangan,
dengan persentase 89,4% dan 94,01%, (3) LKM memenuhi kriteria keefektifan, karena
rata-rata skor total tes hasil belajar mahasiswa dalam kelas uji coba terbatas ataupun dalam
kelas uji coba lapangan memperoleh nilai rat-rata 79,67% dan 81,31%, (4) Hasil analisis
angket respon mahasiswa terhadap kemandirian belajar mahasiswa dikatakan positif pada
kelas uji coba terbatas ataupun dalam kelas uji coba lapangan, dengan persentase 89,4%
dan 94,01%.