Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa prodi
pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pengantar probabilitas. Penelitian ini
dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST dengan ukuran populasi adalah
135 mahasiswa sedangkan ukuran sampel penelitian sebanyak 33 mahasiswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes digunakan untuk mengidentifikasi
kesalahan dalam menyelesaikan soal Pengantar Probabilitas. Instrumen penelitian ini
adalah tes yang berbentuk essay sejumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prodi
pendidikan matematika FKIP UST melakukan rata-rata kesalahan konsep sebesar 33,94%
dengan kategori rendah, rata-rata kesalahan prosedur sebesar 39,39% dengan kategori
rendah, dan rata-rata kesalahan komputasi sebesar 68,79% dalam kategori tinggi.
Sedangkan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan komputasi. Terkait hasil
penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar mahasiswa lebih teliti dan rajin
berlatih mengerjakan soal-soal matematika sehingga kesalahan dapat diminimalkan.

Article Details

How to Cite
Astuti Arigiyati, T. (2017). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pengantar Probabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1363–1368. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/185