Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara guru dalam menanamkan nilai
kepahlawanan dalam pembelajaran IPS; (2) penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) IPS untuk penanaman nilai kepahlawanan SD. Populasi penelitian
ini adalah semua guru sekolah yang berada di Gugus Teuku Umar Kecamatan
Kalijambe Kabupaten Sragen yang tersebar di 7 Sekolah Dasar. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Data dikumpulkan melalui
kuesioner dalam bentuk wawancara, observasi dan studi dokumentasi, analisis datanya
dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa cara
menanamkan nilai kepahlawanan dalam pembelajaran IPS SD di Gugus Teuku Umar


Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen dilakukan dengan melaksanakan kegiatan-
kegiatan sehari-hari yang dapat menumbuhkan nilai kepahlawanan, penyusunan rencana


pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPS untuk penanaman nilai kepahlawanan SD di
Daerah Gugus Teuku Umar Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen disesuaikan dengan
kurikulum yang ada. Lebih dari itu, nilai-nilai kepahlawanan ditanamkan melalui; (1)
pembelajaran sejarah atau IPS; (2) kegiatan ekstra kurikuler pramuka, 3) upacara bendera


setiap hari Senin, (4) upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, (5) upacara
Peringatan Hari Pahlawan, 6) Mengadakan kegiatan ke Museum Perjuangan, (7) studi ke


tempat bersejarah, 8) Menyediakan buku-buku sejarah atau IPS, (9) pemasnagan gambar-
gambar pahlawanan nasional, (10) kegiatan pembiasaan tentang kedisiplinan siswa; dan


(11) daftar pelanggaran yang dilakukan siswa

Article Details

How to Cite
Aristya, F. ., Fath, A. M. A., & Mabruri, Z. K. (2017). Penanaman Nilai Kepahlawanan dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar di Gugus Teuku Umar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 1383–1388. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/184