Main Article Content

Abstract

Manusia sebagai makhluk individual sekaligus makhluk sosial, dalam hidupnya pasti
mengalami interaksi sosial. Individu yang berinteraksi dalam waktu yang cukup panjang
ada kecenderungan melakukan peniruan/imitasi perilaku secara timbal balik. Tujuan
penelitian ini anatara lain: 1) untuk mengetahui sejauh mana perilaku imitasi mahasiswa
PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran, 2) untuk mengetahui model
imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini
merupakan jenis penelitan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner,
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester
2 Program Studi PGSD STKIP PGRI Pacitan tahun akademik 2016/2017. Pemilihan
subjek menggunakan teknik purposif sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
1) Perilaku imitasi yang dilakukan mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan dalam kegiatan


pembelajaran terbagi menjadi tiga, yaitu Copying dengan persentse 50,68%, Matched-
dependent bahavior sebesar 35,62% melakukan, dan behavioral dengan persentase


13,70%; 2) Model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan meliputi lima jenis
yaitu; imitasi langsung, imitasi tidak langsung, imitasi gabungan, imitasi terbatas, dan
imitasi tidak terbatas.

Article Details

Author Biography

Sugiyono Sugiyono, STKIP PGRI Pacitan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

How to Cite
Sugiyono, S., & sutrisno, joko. (2017). Model Imitasi Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1357–1362. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/182