Main Article Content

Abstract

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan KKNI adalah dengan
peningkatan mutu sumber daya manusia melalui pembelajaran di jenjang perguruan
tinggi. Peningkatan mutu sumber daya manusia ini dilakukan dengan mengembangkan
suatu perangkat pembelajaran yang berupa Bahan Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan Bahan Ajar Berorientasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional
Indonesia) untuk Penguatan Scientific Approach pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran
Matematika. Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, maka metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif mengacu
pada fase yang dikembangkan Fenrich P, (2007).Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu pengamatan, tes, dan penyebaran angket dengan jenis angket tertutup.
Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuntitatif dan kualitatif (mixing
method). Hasil penelitian menunjukkan, pengembangan bahan ajar berorientasi KKNI
untuk penguatan pendekatan ilmiah (Scientific Approach) pada mata kuliah Evaluasi
proses dan hasil pembelajaran matematika dikatakan layak/berkategri baik.

Article Details

How to Cite
Sanusi, S., Murtafiah, W., & suprapto, edy. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi KKNI untuk Penguatan Scientific Approach pada Mata Kuliah Evaluasi dan Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 1245–1249. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/181