Main Article Content

Abstract

Buku yang beredar di sekolah dasar (SD) pada materi bencana alam masih diberikan
secara abstrak yang berisi tentang uraian kejadian bencana alam di Indonesia. Dalam masa
usia 11-12 tahun, perkembangan siswa SD berada pada tingkat operasional konkret. Oleh
karena itu, materi yang diajarkan kepada siswa SD seharusnya memerlukan media yang
berwujud konkret, salah satunya berupa media pembelajaran berupa komik. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran komik terhadap hasil
belajar materi bencana alam SD. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen
dengan pendekatan kuantitatif. Analisis ststistik signifikansi perbedaan pretest-posttest
dengan Uji-t berpasangan untuk mengetahui signifikansi pengaruh peningkatan hasil
belajar antara pretest dengan posttest. Dari analisis statistik Uji-t diperoleh hasil bahwa
taraf signifikasi dengan sig (2 tailed) sebesar 0,015 (p<0,05), artinya ada pengaruh yang
signifikan antara hasil belajar pretest dengan posttest. Lebih dari itu, pembelajaran
dengan media komik berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi bencana alam siswa
kelas VI SDN Kandangan Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Article Details

How to Cite
Ledi Aprianto, R. ., & ningsih, sukri dwi. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Bencana Alam Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 1238–1244. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/180