Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran jembatan
zebra untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan pengukuran, menguji
kelayakan dan keefektivan media pembelajaran jembatan zebra untuk meningkatkan
hasil belajar matematika materi satuan pengukuran. Penelitian pengembangan dilakukan
dalam beberapa tahapan agar dapat menghasilkan produk yang valid dan dapat digunakan.
Menurut Borg & Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket
dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kualitatif. Hasil
analisis kuantitatif kemudian dideskripsikan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian
validator menunjukkan bahwa, kualitas media pembelajaran jembatan zebra memiliki
kualitas baik, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan media
pembelajaran jembatan zebra menurut keterlaksanaannya dalam pembelajaran, telah
telaksana dengan baik oleh peneliti, baik pada pertemuan 1, pertemuan 2, dan pertemuan
3 pada setiap kegiatan pembelajaran dan hambatan dalam pembelajaran telah diberikan
solusi alternative yang mendukung peningkatan kegiatan pembelajaran. Keefektifan hasil tes belajar kognitif setelah menggunakan media pembelajaran jembatan zebra dalam pembelajaran memiliki ketuntasan klasikal 100%

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A. dwi, & supriyanto, djoko hari. (2017). Pengembangan Media Jembatan Zebra pada Materi Satuan Pengukuran Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 1377–1382. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/179