Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir siswa dalam
memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Bruner. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kedua responden dengan kategori tinggi memiliki kecenderungan profil berpikir yang baik
dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Lebih dari itu, kedua subjek mampu
mendeskripsikan bangun limas, menyebutkan lima ciri-ciri limas, menyebutkan tiga unsur
limas dan mampu menghitung luas permukaan limas serta mampu menggunakan rumus-
rumus dalam limas. Selain itu, kedua responden dengan kategori sedang menunjukkan
bahwa mereka memiliki kecenderungan berpikir yang cukup dalam memecahkan
masalah bangun ruang limas. Keduanya mampu mendeskripsikan bangun ruang limas,
menyebutkan empat ciri-ciri limas, dua unsur limas, dan mampu menghitung luas
permukaan limas meskipun hasil akhir belum benar serta mampu menggunakan rumus
untuk menghitung. Sementara itu, kedua responden dengan kategori rendah menunjukkan
bahwa mereka memiliki kecenderungan berpikir yang kurang dalam memecahkan masalah
bangun ruang limas. Keduanya hanya mampu mendeskripsikan bangun ruang limas, tetapi
mampu menyebutkan dua ciri-ciri limas, satu unsur limas, dan tidak mampu menghitung
luas permukaan limas serta tidak mampu menggunakan rumus untuk menghitung.