Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran
matematika topik ‘exchanging money’ pada siswa kelas 1 International Class Program
di SD Integral Luqman Al-Hakim Bojonegoro. Subyek dari penelitian ini adalah guru
matematika dan seluruh siswa kelas I-A SD Integral Luqman Al-Hakim. Data dari
penelitian ini adalah strategi guru dalam mengajar matematika diambil dari hasil
transkrip rekaman proses belajar mengajar melalui dua pengamatan. Teknik keabsahan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah member check, proses pengecekan data
yang diambil oleh peneliti dari subjek penelitian untuk meneliti kemungkinan asumsi
yang berbeda. Hasilnya adalah guru menyampaikan topik ‘exchanging money’ kepada
siswa melalui pembelajaran kontekstual dimana guru menerapkan market system pada
pengetahuan prosedural, dan menggunan pemodelan pada pengetahuan konseptual.

Article Details

How to Cite
Suriyah, P. (2016). Strategi Guru dalam Membelajarkan Matematika Pada Siswa ICP (International Class Program) (Studi kasus pada siswa kelas I-A Icp Sd Integral Luqman Al-Hakim). Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 1229–1237. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/171