Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kurikulum 2013 dan
bagaimana penilaian yang tepat pada kurikulum 2013. Metode pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan (Library
Research) yaitu dengan mengumpulkan data dengan mengadakan studi penelaahan
terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada
hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang
digunakan dalam penelitian ini kurikulum 2013. Sedangkan sumber data sekudernya
berbagai macam buku yang relevan dengan pembahasan. Sedangkan analisa data yang
digunakan adalah dengan diskriptif analisis, yaitu konsentrasi terhadap solusi atau
pemecahan masalah yang ada, kemudian data yang sudah ada disusun untuk dianalisa.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Kurikulum 2013 tidak hanya menitikberatkan
pada proses penanaman nilai saja, namun juga kompetensi spiritual dan sosial anak
melalui pendekatan saitifik, holistik integratif berdasarkan masing-masing kecerdasan
peserta didik oleh karena itu maka memerlukan penilaian yang mendorong perkembangan
peserta didik dengan cara yang etis dan tepat sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin


diraih sehingga mendorong kreativitas guru dan kemampuan perkembangan peserta didik
agar lebih baik dalam melakanakan implementasi kurikulum 2013.

Article Details

How to Cite
Hidayat, T. H. (2015). Penilaian yang Efektif Bidang Studi Matematika ditinjau dalam Perspektif Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 1172–1180. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/169