Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa
Inggris pada mahasiswa PGSD di STKIP PGRI Pacitan melalui communicative activities
dan untuk mendiskripsikan keadaan ketika communicative activities dilaksanaan di kelas.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas,
yang dilaksanakan dalam dua tindakan. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan
kuesioner, observasi, wawancara, analisis dokumen dan tes. Peneliti melakukan test
sebelum penelitian (pre-test) dan setelah implementasi communicative activities (post-
test 1 dan 2). Nilai rata-rata pada tiap test dibandingkan untuk mengetahui peningkatan
siswa dalam kemampuan berbicara. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata di
pre-test (50), post-test pada tindakan 1 (70) dan di tindakan 2 (77). Disamping itu, ada
peningkatan pada situasi kelas termasuk: 1) kelas menjadi lebih hidup karena para siswa
secara aktif berpartisipasi; 2) terdapat keterlibatan yang sama selama pelaksanaan kelas
berbicara; 3) para siswa termotivasi untuk berbicara dalam bahasa Inggris daripada
bahasa Indonesia; 4) interaksi siswa meningkat secara signifikan.