Main Article Content

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan
gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis
dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan. Hasil kajian ini menemukan sebagai
berikut; kata benda sebesar 34%, kata asing 34%, kata kerja 12%, kata keterangan 8%,
kata depan 3%, kata sifat 3%, dan kata sambung 6%. Selain itu, penggunaan gaya bahasa
hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan
utama dalam iklan di jalan Pacitan-Yogyakarta. Strategi penggunaan gaya bahasa dalam
iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta sebagai berikut: elipsis 14,2%, alegori 34,3 %,
personifikasi 20%, paralelisme 5,7%, hiperbola 8,6%, klimaks 8,6 %, dan repetisi 8,6%.
Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat
iklan out door.

Article Details

How to Cite
Hendriyanto, A. (2017). Strategi Kebahasaan pada Reklame Out Door (Jalan Pacitan-Yogyakarta). Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1311–1323. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/159