Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, melalui observasi dan wawancara
mendalam. Observasi dan wawancara akan dilakuan dengan subyek dan lingkungan
subyek sehingga dapat diketahui secara mendalam bentuk-bentuk pendidikan karakter,
contoh-contoh karakter dan strategi pendidik dalam rangka menanamkan pendidikan
karakter di sekolah. Penelitian dilakuan dalam 12 bulan yang dilakukan di SMP Negeri 3
Pacitan Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pada hakekatnya
memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar (smart),
dan membantu mereka menjadi manusia yang baik (good). Menjadikan manusia cerdas
dan pintar, boleh jadi mudah melakukannya, tetapi menjadikan manusia agar menjadi
orang yang baik dan bijak, tampaknya jauh lebih sulit atau bahkan sangat sulit. Dengan
demikian, sangat wajar apabila dikatakan bahwa problem moral merupakan persoalan
akut atau penyakit kronis yang mengiringi kehidupan manusia kapan dan di mana pun.

Article Details

How to Cite
Wiratmoko, D., & fahrudi, erista zulki. (2016). Strategi Pendidik dalam Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di SMP Negeri 3 Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1), 1196–1203. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/155