Main Article Content
Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada siswa hendaknya selalu diterapkan pada setiap proses
belajar mengajar. Pada setiap prosesnya, diperlukan kreativitas, keaktifan maupun
inovasi oleh seorang guru agar hasil akhir dari suatu proses pembelajaran menuai hasil
yang maksimal. Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran, salah satunya adalah
hasil belajar siswa yang meningkat. Salah satu penerapan pembelajaran yang dapat
meningkatkan hasil belajar adalah penerapan Problem Based Learning dengan materi
permasalahan sosial di sekitar lingkungan siswa. Problem Based Learning merupakan
suatu pendekatan pembelajaran yang autentik dimana siswa diberikan masalah-masalah
sosial yang ada dilingkunagan sehingga siswa membuat hubungan-hubungan yang
dimilikinya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN Nglames 01 Kabupaten Madiun Jenis penelitian ini termasuk
penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik signifikansi
perbedaan pretest-posttest dengan Uji-t berpasangan untuk mengetahui signifikansi
pengaruh peningkatan hasil belajar antara pretest dengan posttest. Dari analisis statistik
Uji-t diperoleh hasil bahwa taraf signifikasi dengan sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05,
artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Problem Based Learning
terhadap hasil belajar siswa. Jadi pembelajaran dengan menggunakan model Problem
Based Learning sangat berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi masalah sosial
siswa kelas IV SDN Nglames 01 Kabupaten Madiun.