Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bermula dari kegelisahan akademik dan keperhatinan yang mendalam atas tumpang tindih kurikulum yang ada dan persoalan pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar yang belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMPN 3 Pacitan, SMPN 5 Ngadirojo Satu Atap Kab. Pacitan, dan SMPN 1 Kebonagung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalaha SMPN 3 Pacitan, Kab. Pacitan, SMPN 5 Ngadirojo Satu Atap, dan SMPN 1 Kebonagung. Informan kuncinya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data, berupa; observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pisau analisis Miles & Huberman dan diolah dengan alat bantu software ATLAS.ti9. Hasil riset menunjukkan bahwa; (1) SMPN 3 Pacitan; (2) SMPN 5 Ngadirojo Satu Atap Kab. Pacitan; (3) SMPN 1 Kebonagung telah melaksanakan kurikulum merdeka, khususnya pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia secara bertahap sesuai dengan kapasitas, kemampuan, dan kearifan lokal (ciri khas) di masing-masing sekolah. Efektifitas pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka pada mapel Bahasa Indonesia di ketiga objek riset tersebut, bertumpu pada kuatnya leadership di sekolah, sehingga aliran distribusi kebijakan bisa terselesaikan secara optimal. P5 menjadi penciri yang autentik di masing-masing sekolah tersebut. Kurikulum merdeka pada mapel Bahasa Indonesia telah diterapkan di SMPN 3 Pacitan, SMPN 5 Ngadirojo Satu Atap Kab. Pacitan, SMPN 1 Kebonagung secara efektif dan proporsional sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Keywords

kurikulum merdeka, bahasa Indonesia, ATLAS.ti9 kurikulum merdeka Bahasa Indonesia ATLAS.ti9

Article Details

How to Cite
Mukodi, M., Habiburrahman, M., Devinta , C. ., Lestari, L. A. ., Rahmadani , N. I. ., Hidayah, K. . ., Riski Yudha , N. ., Listiani , D. ., Halimah , N. ., Kholis , N. ., Aris Aprianto , E. ., Ayu Saputri , S. ., Novla , D. ., Citra Arsetya , J. ., Ngainur Roqim , W. ., Keptiana, D. ., & Saputra, I. . (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di 3 SMPN Kabupaten Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.9

References

  1. AG. Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Dewi, A. Erni Ratna. 2022. “Implementasi Strategi Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar.” of Learning Education and Counseling 5(1): 81–89.
  3. Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC: Congressional Quarterly Press.
  4. Mahendra, Andres. 2024. “Abdul Mu’ti Kritik Tajam Kurikulum Merdeka Belajar Era Nadiem, Akankah 100 Persen Diganti?” Klik Pendidikan.Id: 1–3. https://www.klikpendidikan.id/news/35813866243/abdul-muti-kritik-tajam-kurikulum-merdeka-belajar-era-nadiem-akankah-100-persen-diganti-berikut-selengkapnya.
  5. Masyarakat, Biro Kerja Sama dan Hubungan. 2022. “Dampak Positif Penerapan Kurikulum Merdeka.” Jenderal, Sekretariat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: 1–2. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/dampak-positif-penerapan-kurikulum-merdeka.
  6. Miles, M. B. & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
  7. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
  8. Muhammad Rafli Sultoni, Iwan Setiawan, Afmi Apriliani, Denny Hermawan. 2020. “Mplementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di SMP Amaliah Bogor Dan SMPN 1 Dramaga.” Karimah Tauhid 3: 11765–77.
  9. Mukodi, Mukodi. 2022. “Konsep Pendidikan Berbasis Multikultural Ala Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Penelitian Pendidikan 1(April): 683–96.
  10. Prameswari, Lintang Budiyanti. 2023. “Pengamat: Kurikulum Merdeka Ajak Guru Kreatif Angkat Kearifan Lokal.” ANTARA: 1–2. https://www.antaranews.com/berita/3639102/pengamat-kurikulum-merdeka-ajak-guru-kreatif-angkat-kearifan-lokal.
  11. Pratama, Gigih Windar. 2022. “Pengamat: Kurikulum Merdeka Kurangi Stres Siswa, Guru Harus Adaptif.” Solopos.com: 1–3. https://solopos.espos.id/pengamat-kurikulum-merdeka-kurangi-stres-siswa-guru-harus-adaptif-1407754.
  12. Redaktur. 2024. “Kritik Tajam Terhadap Kurikulum Merdeka: Masih Jauh Dari Layaknya Menjadi Kurikulum Nasional.” Kabar Sesanti: 1. https://www.sasanti.or.id/2024/04/02/kritik-tajam-terhadap-kurikulum-merdeka-masih-jauh-dari-layaknya-menjadi-kurikulum-nasional/.
  13. Sumarsono, Sonny. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia: Teori Dan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. T.N. 2024a. “Profil SMP Negeri 4 Ngadirojo Satu Atap.” https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/smp-negeri-4-ngadirojo-satu-atap-89708. https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/smp-negeri-4-ngadirojo-satu-atap-89708.
  15. ———. 2024b. “Profil SMPN 1 Kebonagung.” https://smp1kba.sch.id/. https://smp1kba.sch.id/.
  16. ———. 2024c. “Profil SMPN 3 Pacitan.” https://smpn3pacitan.sch.id/tentang-sekolah. https://smpn3pacitan.sch.id/tentang-sekolah.
  17. Tim Peneliti. 2024. Pra Riset Tanggal 2 Desember. Pacitan.
  18. TN. 2024. “JK Kritik Penerapan Kurikulum Merdeka Secara Nasional.” CNN Indonesia: 1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20241010140231-20-1153831/jk-kritik-penerapan-kurikulum-merdeka-secara-nasional.
  19. Wardana, Muhammad Aditya Wisnu, Dara Panca Indra, and Chafit Ulya. 2023. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Surakarta.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 4(1): 95–114.
  20. AG. Subarsono. 2011. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  21. Dewi, A. Erni Ratna. 2022. “Implementasi Strategi Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar.” of Learning Education and Counseling 5(1): 81–89.
  22. Edward III, George C. 1980. Implementing Public Policy. Washington DC: Congressional Quarterly Press.
  23. Mahendra, Andres. 2024. “Abdul Mu’ti Kritik Tajam Kurikulum Merdeka Belajar Era Nadiem, Akankah 100 Persen Diganti?” Klik Pendidikan.Id: 1–3. https://www.klikpendidikan.id/news/35813866243/abdul-muti-kritik-tajam-kurikulum-merdeka-belajar-era-nadiem-akankah-100-persen-diganti-berikut-selengkapnya.
  24. Masyarakat, Biro Kerja Sama dan Hubungan. 2022. “Dampak Positif Penerapan Kurikulum Merdeka.” Jenderal, Sekretariat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: 1–2. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/dampak-positif-penerapan-kurikulum-merdeka.
  25. Miles, M. B. & Huberman, M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
  26. Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
  27. Muhammad Rafli Sultoni, Iwan Setiawan, Afmi Apriliani, Denny Hermawan. 2020. “Mplementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di SMP Amaliah Bogor Dan SMPN 1 Dramaga.” Karimah Tauhid 3: 11765–77.
  28. Mukodi, Mukodi. 2022. “Konsep Pendidikan Berbasis Multikultural Ala Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Penelitian Pendidikan 1(April): 683–96.
  29. Prameswari, Lintang Budiyanti. 2023. “Pengamat: Kurikulum Merdeka Ajak Guru Kreatif Angkat Kearifan Lokal.” ANTARA: 1–2. https://www.antaranews.com/berita/3639102/pengamat-kurikulum-merdeka-ajak-guru-kreatif-angkat-kearifan-lokal.
  30. Pratama, Gigih Windar. 2022. “Pengamat: Kurikulum Merdeka Kurangi Stres Siswa, Guru Harus Adaptif.” Solopos.com: 1–3. https://solopos.espos.id/pengamat-kurikulum-merdeka-kurangi-stres-siswa-guru-harus-adaptif-1407754.
  31. Redaktur. 2024. “Kritik Tajam Terhadap Kurikulum Merdeka: Masih Jauh Dari Layaknya Menjadi Kurikulum Nasional.” Kabar Sesanti: 1. https://www.sasanti.or.id/2024/04/02/kritik-tajam-terhadap-kurikulum-merdeka-masih-jauh-dari-layaknya-menjadi-kurikulum-nasional/.
  32. Sumarsono, Sonny. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia: Teori Dan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  33. T.N. 2024a. “Profil SMP Negeri 4 Ngadirojo Satu Atap.” https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/smp-negeri-4-ngadirojo-satu-atap-89708. https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/smp-negeri-4-ngadirojo-satu-atap-89708.
  34. ———. 2024b. “Profil SMPN 1 Kebonagung.” https://smp1kba.sch.id/. https://smp1kba.sch.id/.
  35. ———. 2024c. “Profil SMPN 3 Pacitan.” https://smpn3pacitan.sch.id/tentang-sekolah. https://smpn3pacitan.sch.id/tentang-sekolah.
  36. Tim Peneliti. 2024. Pra Riset Tanggal 2 Desember. Pacitan.
  37. TN. 2024. “JK Kritik Penerapan Kurikulum Merdeka Secara Nasional.” CNN Indonesia: 1. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20241010140231-20-1153831/jk-kritik-penerapan-kurikulum-merdeka-secara-nasional.
  38. Wardana, Muhammad Aditya Wisnu, Dara Panca Indra, and Chafit Ulya. 2023. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Surakarta.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 4(1): 95–114.