Main Article Content

Abstract

Kemampuan peserta didik kelas IV SD Negeri Beskalan 14 yang belum tepat dalam membaca nyaring menjadi masalah utama dalam penelitian ini. Permasalahan tersebut membuat pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Hal tersebut menjadi salah satu dampak dari rendahnya kemampuan membaca nyaring peserta didik. Dalam hal ini peneliti menggunakan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring. Penelitian tindakan kelas (PTK) menjadi metode penelitian yang digunakan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca nyaring melalui media audio visual. Pada kegiatan pra siklus hasil yang didapatkan adalah peserta didik yang mampu membaca nyaring hanya sebesar 34,7%. Setelah tindakan siklus I, berubah menjadi 43,4%. Sedangkan setelah tindakan siklus II meningkat sebesar 86,9%, artinya kemampuan peserta didik dalam membaca nyaring mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambil yaitu kemampuan peserta didik kelas IV dalam membaca nyaring dapat meningkat melalui penerapan media audio visual.

Keywords

kemampuan membaca membaca nyaring media audio visual kemampuan membaca membaca nyaring media audio visual

Article Details

How to Cite
Nadia Ayu Oktabella, nadia ayu oktabella, Arief Cahyo Utomo, Siti Nurmaini, & Tri Undari. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Media Audio Visual pada Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 156–168. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.6

References

  1. Aeni, W. N., Darusman, Y., & Mahendra, H. H. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Benda Konkret Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika (Vol. 2, Issue 2). https://jurnal.uns.ac.id/shes
  2. Ahnaf, F.H., Rochmawati, F., Utami, S. M., Syahputri, D. D. (2021). Efektivitas Media Animasi Audio Visual dalam Mata Kuliah Daring Keterampilan Membaca. Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, E-ISSN: 2746-7767
  3. Andriana, E., dkk. (2023). Penerapan Metode Membaca Nyaring Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri Purwakarta I. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol. 9 No. 5
  4. Astuti, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6, No. 3.
  5. Dewi, A., Suparto, P., Kaddas, B., & Syam, N. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD INPRES TANGKALA 1 KOTA MAKASSAR. 2(1), 208–216.
  6. Eriawati. (2016). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DI SMP 18 BANDA ACEH. PIONIR: Jurnal Pendidikan.Vol. 5, No. 2
  7. Fadillah, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual Di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 16. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453
  8. Faridah. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Audio Visual Bagi Siswa Kelas Dasar. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Palangka Raya. Vol. 1 No. 1, September 2021
  9. Fuada, S., Marhamah.(2021). Read Aloud Video Sebagai Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Aisyiyah Sidoharjo-Wonogiri. INTERNATIONAL JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE LEARNING
  10. Giyanti. (2020). PENGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3, 1–14.
  11. Hadi, S., & Yuliana, N. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 8, No. 2.
  12. Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019
  13. Hasanah, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Metode Pengajaran terhadap Minat Membaca Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 7, No. 2.
  14. Ichsan, J. R., dkk. (2021). MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021)
  15. Karimah, N.L., Lestari, W.M. (2024). Peningkatkan Keterampilan Membaca Anak Sekolah Dasar melalui Media Audio Visual: Sebuah Pendekatan Pendidikan Tindakan Kelas. PLPPBI 2024; 1(1): 1-6
  16. Keguruan, F., Pendidikan, I., & Tanjungpura, U. (2019). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.
  17. Kusumawati, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Penggunaan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 12, No. 2.
  18. Listiana, Emi. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 1 Tahun ke-9 2021
  19. Lubis, E.L.S., dkk. (2020). PEMBELAJARAN MEMBACA TERBIMBING DALAM MEMBANTU KESULITAN SISWA MEMBACA NYARING. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris. Vol.2, No.1, April 2020. e-ISSN: 2715-6176 / p-ISSN: 2715-5536
  20. Masliyah., Kurniawaty, L. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN MEMBACA NYARING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Edukids volume 20 (1) tahun 2023
  21. Masyithah., dkk. (2024). DESKRIPSI KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 31 PONTIANAK BARAT. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. Volume 7 Nomor 2, 2024
  22. Melawati. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SEKOLAH SMP AL-MUNIB. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Vol. 2, No.1, 2019, hal. 153-160
  23. Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  24. Misdarniati. (2023). Meningkatkan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 2 SD Negeri 007 Lubuk Ramo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6 (1), 130-133
  25. Oktafani, D., dkk. (2023). MENGASAH KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI MEMBACA NYARING DI KELAS III SEKOLAH DASAR. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Volume 5 Nomor 4 Tahun 2023. e-ISSN: 2776-2033
  26. Putri, D. (2020). Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 14, No. 2.
  27. Rahmawati, P., Mutmainah, S.F. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 13 Pesing. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 269-280.
  28. Rahmawati, E. (2019). Hubungan Kemampuan Membaca dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV. *Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia*, Vol. 4, No. 2.
  29. Ratni., Apriadi, R. (2019) Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Sekolah Dasar. J. Pijar MIPA, Vol. 14 No.3 : 217-223
  30. Rusman. (2016) Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
  31. Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. 3(5), 1910–1917.
  32. Sari, N. (2021). Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar: Pentingnya Keterampilan Membaca dan Menulis. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 8, No. 1.
  33. Saripah, D.A., dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Audio Visual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. e-ISSN 2716-0157
  34. Tanggur, F.S., dkk. (2022). PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DI DAERAH PEDALAMAN PULAU TIMOR. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI). Volume (5) No (1) April 2022. eISSN : 2621-1467
  35. Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Rubrik Penilaian Membaca Nyaring untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 9, No. 1.
  36. Wardaini, D. O. (2022). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa SD. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 473–477. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.165
  37. Yulianto, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1.