Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan sikap gotong royong peserta didik melalui model pembelajaran TGT di kelas IV SDN Pucangan 03. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK): (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif di mana data terkumpul, direduksi, disajikan, dan ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi.. Subjek penelitian peserta didik kelas 4 berjumlah 26 terdiri 13 laki-laki dan 13 perempuan. Objek penelitian sikap gotong royong kategori membudaya. Hasil peneltian menunjukkan penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan sikap gotong royong. Hal ini dibuktikan hasil tiap siklusnya meningkat dimulai prasiklus 3 peserta didik (12%), pada siklus I pertemuan 1 dan 2 meningkat 7 peserta didik (27%) dan 8 peserta didik (31%), pada siklus II pertemuan 1 dan 2 meningkat 14 peserta didik (54%) dan 19 peserta didik (73%). Penelitian berhasil karena sudah melebihi indikator kategori membudaya awal yaitu 70%.

Keywords

Teams games tournament gotong royong penelitian tindakan kelas teams games tournament, gotong royong, penelitian tindakan kelas

Article Details

How to Cite
Sri, S. S., Fahmi Johan Syah, M. ., & Prabowo Utomo, S. . (2024). Penerapan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Sikap Gotong Royong pada Mata Pelajaran IPAS. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 116–129. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.3

References

  1. Agustiani, T. N., Suryadi, & Rahman, G. A. (2023). Penggunaan Model Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta Didik Menggunakan Rancangan Understanding by Design (Ubd) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 549–559.
  2. Alifia, E., Muhammad, H. N., & Hidayat, T. (2024). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TGfU (Teaching Games for Understanding) terhadap Motivasi Belajar pada Materi Keterampilan Kebugaran Jasmani. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 745-761.
  3. Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.
  4. Arikunto, S., Saputra, W. N. R., Khoirunnisa, D. A, & Sawai, R. P. (2023). Development and validation of teacher competency perception scale in Indonesia: The Rasch analysis. Journal of Professional Teacher Education, 1(1), 11-21.
  5. Asrian & Airlanda, G. S. (2023). Peningkatan Karakter Gotong Royong Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Pembelajaran IPAS SD. JANACITA: Journal of Primary and Childrens Education, 6(2), 124-133.
  6. Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88.
  7. Feryantini, N. L., Sanjaya, P., & Dewi, N. P. C. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD, 2(1), 60-67.
  8. Hamdani, M. S., Mawardi, & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440.
  9. Hapsari, Y. H. P., Hadiyanti, A. H. D., & Zaini, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Menggunakan Model Discovery Learning SD Negeri Wirosaban. JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 5(2), 38–47.
  10. Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.
  11. Kustantina. (2023). Keefektifan Model Jigsaw dan STAD Terhadap Pencapaian Karakter dan Kemampuan Numerasi Peserta didik Kelas V SD. JANACITTA: Journal of Primary and Childrens education, 6(1), 65–74.
  12. Mahardi, P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 96-107.
  13. Marwati, E., Anugrahana, A., & Ariyanti, P. B. Y. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) Kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2601-2607.
  14. Maulinas, M., Putra, M., & Zahraini, Z. (2024). Studi Komparatif Implementasi Manajemen Mutu Sekolah Berfokus Pada Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri Pada Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 1169-1177.
  15. Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwan, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectera: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.
  16. Nugroho, G. B. (2023). Basis Dalam Merdeka Belajar Mencetak Manusia Berkarakter. Jurnal Psiko Edukasi: Jurnal Pendidikan, Psikologi, dan Konseling, 21(1), 28–40.
  17. Nuraeni, R., Hermawan, R., & Hendriani, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 175–184.
  18. Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pembelajaran IPA SD. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.
  19. Primandari, P. A., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Perbedaan Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT dan STAD dengan Multimedia Interaktif Ceria Terhadap sikap Sosial dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu (Research & Learning in Elementary Education), 3(1), 83–91.
  20. Rohmawati, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (JUPE2), 1(2), 95-104.
  21. Sari, N., Ananda, R., & Fauziddin, M. (2023). Meningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Peserta didik Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1548–1557.
  22. Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147-156.
  23. Yuwono, T. A., Rahmawati, F. P., & Istiprijanti, T. N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Materi Siklus Air Menggunakan Model Team Games Tournament pada Peserta didik Sekolah Dasar. JANACITTA: Journal of Primary and Childrens Education, 2(1), 13– 20.