Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan kualitas hasil belajar dan belajar menulis puisi pada siswa kelas VIII D SMP Sunan Giri Menganti dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan Classroom Action Research dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, kuesioner, dan analisis dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahap dalam setiap siklus. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) metode pemetaan pikiran dapat meningkatkan kualitas belajar menulis puisi. Hal ini terlihat dari peningkatan ke aktif, perhatian, konsentrasi, antusiasme dan keseriusan siswa dalam belajar (2) dengan menggunakan metode mind mapping keterampilan menulis puisi siswa dapat ditingkatkan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata penulisan puisi siswa. Skor rata-rata siswa yang menulis puisi dalam pra-aksi adalah 15,04 dan tingkat kelengkapan klasik adalah 43%. Pada siklus pertama meningkat menjadi 19,14 dan kelengkapan klasik adalah 67,8%. Pada siklus kedua meningkat menjadi 20,54 dan 85,7% kelengkapan klasik.

Keywords

Writing Skills Mind Mapping Method Poetry Keterampilan menulis Metode Mind Mapping Puisi

Article Details

How to Cite
Nur Faizah, N., & Rofi’i. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas VIII D. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 169–182. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.7

References

  1. Arikunto, S. 2015. Penelitian Tindakan Kelas: Jakarta: Bumi Aksara
  2. Asep Yudha Wirajaya. 2005. “Kreasi, Rekreasi dan Re-Kreasi Sastra: Sebagai Bahan dari Penulisan Kreatif” dalam Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana.
  3. Baksin, Askurifai, Jurnalistik Televisi: Teori dan Praktik, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2006.
  4. Buzan, Tony. 2012. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: Gramedia
  5. Dimyati, Mudjiono. (2002) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta Kemendikbud. 2013. Permendikbud no 81 A Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  6. Djuanda, Dadan. 2008.Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: Pustaka Latifah.
  7. Jumanto. 2010. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sondokan No. 11 Surakarta, Sripsi. Surakarta: tidak diterbitkan.
  8. Kemendikbud. 2013. Permendikbud no 81 A Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  9. Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
  10. Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
  11. Sulistiyana, Wahyu. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Metode Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 4. Sukoharjo. Tesis. Surakarta: tidak diterbitkan.
  12. Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  13. Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.
  14. Wiyanto. (2005). Model-Model, Media, dan Strategi PembelajaranKontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.