Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan hasil analisis kebutuhan terkait penggunaan media video pembelajaran pada materi sejarah dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan wawancara secara langsung di SMA Negeri 10 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Analisis kebutuhan dilakukan dengan memperhatikan penggunaan media selama proses pembelajaran di dalam kelas, pada penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dengan data kualitatif yang tersebar melalui Google Form. Hasil analisis 28 peserta didik menjawab dari kelas X SMA Negeri 10 Palembang, menunjukkan bahwa 72,4% peserta didik menyatakan minat dan membutuhkan  penggunaan media video dalam pembelajaran Sejarah, Sebanyak 91,4% siswa juga menyatakan minat yang sama, menunjukkan kebutuhan yang signifikan akan pengembangan media tersebut dalam pembelajaran Sejarah. Hasil dari analisis yang telah dilakukan bahwa peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan teknologi seperti halnya penerapan media video pembelajaran pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran terutama penggunaan video pembelajaran sebagai media yang menarik dan efektif pada pembelajaran sejarah.

Keywords

Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Sejarah Analisis Kebutuhan, Video Pembelajaran, Sejarah

Article Details

How to Cite
Hilda Febriyani, S. ., & Syarifuddin. (2024). Analisis Kebutuhan Media Video pada Proses Pembelajaran Sejarah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 103–115. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.2

References

  1. Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
  2. Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
  3. Arnes, A. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. 5(1), 60–70.
  4. Astutik, S. (2020). Science , Engineering , Education , and Development Studies ( SEEDS ): Conference Series. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran, 4(2), 80–86.
  5. Avania, W. F., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531–2538. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/885
  6. Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
  7. Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12
  8. Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
  9. Indayani, R., Supeno, S., & Wicaksono, I. (2021). Pengaruh videoscribe terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(2), 107–115. https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.2008
  10. Melati, H. A., Muharini, R., & Lestari, I. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Video Ikatan Kimia dengan Pendekatan Multipel Representasi untuk Mengatasi Miskonsepsi. 5(1), 86–95.
  11. Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 175.
  12. Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
  13. Sair, A., Asnimar, Ermanovida, & Syarifuddin. (2019). Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Ekopedagogik Untuk Menumbuhkan Green Behaviour Bagi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Nasional Indonesia III. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 5(1), 41–52.
  14. Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. 3, 123–133.
  15. Siregar, S. P., & Yefterson, R. B. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Video Drama Pada Kelas XI / F SMAN 7 Padang. 4(4), 114–125.
  16. Suarim, B. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 75–83.
  17. Syarif, F. U., Rinjani, E. D., & Husna, A. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Plotagon Pada Materi Memaparkan Informasi Dari Teks Narasi Sejarah Universitas Wahid Hasyim , Semarang , Indonesia. 6(2), 276–286. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5110
  18. Syarifuddin, Fitri, S., Abidin, N. F., Oktaviani, R. R., & Zarro, M. (2023). Developing Mobile Learning Activity Based on Multiple Learning Objects for the South Sumatra Local Wisdom Course. 19(1), 12–27.
  19. Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
  20. Vasanth, K., P, S., Shete, V., N, R. C., & P, V. S. K. (2022). Dynamic Fusion of Text, Video and Audio models for Sentiment Analysis. Procedia Computer Science, 215(2022), 211–219. https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.024
  21. Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. 9(2), 195–205.
  22. Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
  23. Wulandari, B., & Syarifuddin, S. (2022). Development of Technology-Based Learning Media Using Adobe Premiere Pro on Ancient Relics of Sriwijaya Kingdom on Siguntang Hill To Mitigate Online Learning Problems During Covid-19 Pandemic. Akademika, 11(01), 69–81. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1886
  24. Wulantari, & Sukardi. (2018). Jurnal sejarah dan pembelajaran sejarah. Kalpataru Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah Terbit, 4(1), 69–75.