Main Article Content
Abstract
Kendala dalam kemampuan menulis peserta didik dan kurangnya variasi dalam media pembelajaran di kelas XII MIPA 3. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kemampuan menulis teks opini peserta didik kelas XII MIPA 3 dengan menggunakan media pembelajaran berupa film pendek. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini laksanakan bagi peserta didik MIPA 3 kelas XII di SMA Al Islam 1 Surakarta pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini bersumber dari peserta didik kelas XII MIPA 3. Data yang digunakan yaitu peningkatan nilai peserta didik. Hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I terdapat 28 peserta didik atau 70% telah mencapai ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil evaluasi menunjukkan sebanyak 32 peserta didik atau 80% telah mencapai ketuntasan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa film pendek sebagai media pembelajaran dapat meningkakan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Article Details
References
- Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Arianti. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
- Arianto, R. (2022). PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Citra Pendidikan, 2(3), 550–554.
- Audie, N. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
- Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF. El-Tsaqafah, 19(1), 56–71.
- Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
- Gayatri, & Wirakusuma. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBUATAN PROPORSAL PENELITIAN MAHASISWA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1–19.
- Ghufroni An, M., Deni Wahyudi, A., Hendrastuty, N., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). PELATIHAN MENULIS OPINI BAGI SISWA DI SMKN 2 METRO. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(2), 331–336. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
- Hartanti, D. (2019). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME KAHOOT BERBASIS HYPERMEDIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0., 78–85.
- Kuncoro, M. (2009). Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku. Jakarta: Erlangga.
- Prasetyo, Y. D. dkk. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS, 252–259.
- Risda. (2019). KEMAMPUAN MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI PADA TEKS BERITA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SIGI BIROMARU. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(2), 60–71.
- Salsabila, U. H. (2018). TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7, 139–158.
- Sardila, V., Pengembangan, S., Terapan, L., Kemampuan, M., Biografi, M., Autobiografi, D., Pd, M., & Bahasa, A. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN LINGUISTIK TERAPAN MELALUI KEMAMPUAN MENULIS BIOGRAFI DAN AUTOBIOGRAFI: SEBUAH UPAYA MEMBANGUN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF MAHASISWA. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117.
- Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
- Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.
References
Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Arianti. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Arianto, R. (2022). PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Citra Pendidikan, 2(3), 550–554.
Audie, N. (2019). PERAN MEDIA PEMBELAJARAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.
Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KOMPREHENSIF. El-Tsaqafah, 19(1), 56–71.
Emda, A. (2017). KEDUDUKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN. Lantanida Journal, 5(2), 93–196.
Gayatri, & Wirakusuma. (n.d.). PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMBUATAN PROPORSAL PENELITIAN MAHASISWA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1–19.
Ghufroni An, M., Deni Wahyudi, A., Hendrastuty, N., Hutagalung, S., & Mahendra, A. (2022). PELATIHAN MENULIS OPINI BAGI SISWA DI SMKN 2 METRO. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(2), 331–336. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
Hartanti, D. (2019). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME KAHOOT BERBASIS HYPERMEDIA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0., 78–85.
Kuncoro, M. (2009). Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku. Jakarta: Erlangga.
Prasetyo, Y. D. dkk. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS, 252–259.
Risda. (2019). KEMAMPUAN MENENTUKAN FAKTA DAN OPINI PADA TEKS BERITA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 SIGI BIROMARU. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(2), 60–71.
Salsabila, U. H. (2018). TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7, 139–158.
Sardila, V., Pengembangan, S., Terapan, L., Kemampuan, M., Biografi, M., Autobiografi, D., Pd, M., & Bahasa, A. (2015). STRATEGI PENGEMBANGAN LINGUISTIK TERAPAN MELALUI KEMAMPUAN MENULIS BIOGRAFI DAN AUTOBIOGRAFI: SEBUAH UPAYA MEMBANGUN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF MAHASISWA. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.