Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan siswa SD Al Muhajirin menghadapi bencana melalui kegiatan edukasi dan simulasi menggunakan media pop up 3 dimensi pada anak. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pemberian angket/kuesioner, observasi, dan wawancara. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah penggunaan media pop up 3 dimensi sebagai media mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami, secara umum sebagian besar siswa sudah memahami simulasi dan demonstrasi mitigasi bencana yang dilaksanakan, dibuktikan dengan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa, sebanyak 75% memiliki pengetahuan yang baik tentang bencana gempa bumi dan tsunami serta penyebabnya. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan 17 siswa teramati aktif berpartisipasi dalam simulasi kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami, 5 siswa berpartisipasi sedang, serta 2 siswa pasif. Dengan digunakannya media pop up 3 dimensi, siswa lebih memahami mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami.

Keywords

Disaster, Earthqueke, Mitigation, 3D Pop up, Tsunamis Disaster Earthqueke Mitigation 3D Pop up Tsunamis

Article Details

How to Cite
Ardhyantama, V., fadlilah, hana, SUHARTO, Z., & Firdaus, M. (2024). Media Pop Up 3 Dimensi untuk Meningkatkan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.1.1

References

  1. Adri, Khairunnisa, Hayatul Khairul Rahmat, Rizkia Mutiara Ramadhani, Ainun Najib, and Agusng Priambodo. 2020. “Analisis Penanggulangan Bencana Alam Dan Netech Guna Membangun Ketangguhan Bencana Dan Measyarakat Berkelanjutan Di Jepang.” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 7(2):408–20.
  2. Agustin, Helfi. 2014. “Persepsi Masyarakat Kenagarian Sumani Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi (Perception of the Society of Sumani Village about Disaster Preparedness).” Jurnal Kesehatan Komunitas 2(5):199–206.
  3. Arip, Malfia, and Hijrawatil Aswat. 2021. “Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(1):261–68. doi: 10.31004/edukatif.v3i1.329.
  4. Bommer, Julian J., and Carlos E. Rodríguez. 2002. “Earthquake-Induced Landslides in Central America.” Engineering Geology 63(3–4):189–220. doi: 10.1016/S0013-7952(01)00081-3.
  5. Desfandi, Mirza. 2014. “Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Di Indonesia.” Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal 1(2):191–98. doi: 10.15408/sd.v1i2.1261.
  6. Guarango, Piedad Magali. 2022. “No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים.” הארץ (8.5.2017):2003–5.
  7. Hidayah, Nurul, Rizka Wahyuni, and Anton Tri Hasnanto. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7(1):59–66.
  8. Hidayat, Deny. 2008. “Kesiapsiagaan Masyarakat: Paradigma Baru Pengelolaan Bencana Alam (Community Preparedness: New Paradigm in Natural Disaster Management).” Jurnal Kependudukan Indonesia 3(1):69–84.
  9. Ibrahim, Kusman, Etika Emaliyawati, Desy Indra Yani, and Nursiswati Nursiswati. 2020. “Pelatihan Dan Simulasi Penanggulangan Bencana Bagi Masyarakat.” Media Karya Kesehatan 3(1):27–38. doi: 10.24198/mkk.v3i1.23991.
  10. Iverson, Brent L., and Peter B. Dervan. n.d. “PERAN SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA.” 7823–30.
  11. Kiki Melita Andriani, Maemonah, and Rz. Ricky Satria Wiranata. 2022. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik B. F. Skinner Dalam Pembelajaran : Studi Analisis Terhadap Artikel Jurnal Terindeks Sinta Tahun 2014 - 2020.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 5(1):78–91. doi: 10.54396/saliha.v5i1.263.
  12. Nugroho, Tanjung. 2013. “Kadaster 4D: Sebuah Keniscayaan Menurut Kondisi Geologis Indonesia.” Bhumi: Jurnal Ilmiah Pertanahan, No. 38 Tahun 12 253–62.
  13. Priyowidodo, Gatut, and Jandy E. Luik. 2013. “Literasi Mitigasi Bencana Tsunami Untuk Masyarakat Pesisir Di Kabupaten Pacitan.” Ekotrans 13(1):47–61.
  14. Probosiwi, Ratih. 2013. “Manajemen Risiko Tsunami Untuk Penataan Ruang Di Pesisir Perkotaan Pacitan Jawa Timur.” Jurnal Teknosains 2(2):121–34. doi: 10.22146/teknosains.6002.
  15. Putra, Gisky Andria. 2021. “Hubungan Frekuensi Terpaan Informasi Melalui Media Komunikasi Dengan Perilaku Masyarakat Tentang Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami.” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial 2(1):58. doi: 10.36722/jaiss.v2i1.541.
  16. Putra, Hijrah Purnama, and Reza Aditya. 2014. “Pelatihan Mitigasi Bencana Kepada Anak-Anak Usia Dini.” Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan 3(2):115–19.
  17. Rahmatia, Rahmatia, Hadi Pajarianto, Abdul Kadir, Wahyuni Ulpi, and Muhammad Yusuf. 2021. “Pengembangan Model Bermain Konstruktif Dengan Media Balok Untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):47–57. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1185.
  18. Rohayu, Deni Adi Putra, and Kunti Dian Ayu Afiani. 2021. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Inventa 5(1):30–46. doi: 10.36456/inventa.5.1.a2623.
  19. Seluma, Kabupaten, Dedi Guntar, and Warsa Sugandi. 2018. “Sosialisasi Potensi Bencana Dan Sistem Informasi Geografi ( SIG ).” Jurnal Bagimu Negeri 30 April 2(1):59–68.
  20. Simandalahi, Tiurmaida, Nike Puspita Alwi, Indah Komala Sari, and Andika Herlina Marda Prawata. 2019. “Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Melalui Pendidikan Kesehatan.” Jurnal Abdimas Saintika 1(1):51–56.
  21. Sopacua, Yustina, and Selvianus Salakay. 2020. “Sosialisasi Mitigasi Bencana Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon.” Communicare : Journal of Communication Studies 7(1):1. doi: 10.37535/101007120201.
  22. Sukamto, Filia Icha, Saiful Nurhidayat, and Metti Verawati. 2021. “Pelatihan Siswa Tanggap Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Di Ponorogo.” Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement 2(1):15–22. doi: 10.37680/amalee.v2i1.178.
  23. Suryani, Erna, Wahyu Naris Wari, and Siska Aprilia Hardiyanti. 2019. “Edukasi Dan Pelatihan Simulasi Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Bagi Santri Di Banyuwangi.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 3(2):132. doi: 10.31764/jmm.v0i0.1150.
  24. Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5(2):3928–36. doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
  25. Yulistiya, Daniar, and Yuniawatika Yuniawatika. 2022. “Sosialisasi Tanggap Bencana Gempa Bumi Untuk Anak Sekolah Dasar.” Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2):65. doi: 10.17977/um050v5i2p65-71.
  26. Zubaidi, Ahmad, and Reki Lidyawati. 2013. “Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal PGSD 1–16.