Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS) , dan tes hasil belajar (THB) yang memiliki kualitas baik yaitu valid, praktis dan efektif serta untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing pada materi operasi bilangan bulat di kelas IV sekolah dasar di SDN Pangarangan III Sumenep.Tahapan dalam penelitian ini melalui yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran dengan menggunakan rancangan model Four-D (4D) dari Thiagarajan (1974) dilanjutkan dengan tahap uji coba perangkat. Data hasil pengembangan perangkat pembelajaran menyatakan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinyatakan valid oleh para ahli, (2) pembelajaran dapat dilaksanakan guru dengan baik, (3) aktivitas siswa selama pembelajaran efektif, (4) respon siswa terhadap pembelajaran positif, (5) ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan tercapai, dan  (6) tes hasil belajar  memenuhi kriteria valid, realibel dan sensitif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan problem posing memiliki kualitas baik dan efektif digunakan pada materi operasi bilangan bulat kelas IV Sekolah Dasar.

Article Details

How to Cite
Cahyono, A. H. C., & sari, tita tanjung. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Operasi Bilangan Bulat dengan Pendekatan Problem Posing di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 1622–1630. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/106