Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Learning Together Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas V Sdn 2 Gendaran

Authors

  • Suparno Suparno

Keywords:

pembelajaran kontekstual, learning together, prestasi belajar, PKn

Abstract

Perjalanan yang berliku-liku dan penuh tantangan semenjak proses terbentuknya sampai pada
keadaan sekarang yang menghantarkan PKn sebagai bahan kajian yang menarik. Apalagi akhir-akhir
ini ada sekelompok orang yang meragukan eksistensi PKn. Karena banyaknya penyelewengan dan
pengkhianatan Pancasila, sehingga pembangunan manusia seutuhnya menjadi terhambat. Dan ada
pula yang mempertanyakan keberhasilan pengajaran PKn terhadap moral pelajar khususnya dan
masyarakat luas pada umumnya.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn
dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together? (2)
Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together terhadap
motivasi belajar PKn.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn
setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together. (2)
Mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model
pengajaran berbasis masalah. (3) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap
putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas V semester I tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa
hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus
I sampai siklus III yaitu, siklus I (55.55%), siklus II (77.78%), siklus III (88.89%).

Downloads

Published

2023-11-07