Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas Viii-B Smp Negeri 1 Pringkuku
Keywords:
prestasi belajar, konstruktivisme, persamaan linier dua variabelAbstract
Pembelajaran matematika bukan hanya memindahkan pengetahuan dari guru kepada siswa.
Tetapi bagaimana caranya siswa dapat belajar sendiri ilmu matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan prestasi belajar materi sistem persamaan linier dua variabel dengan pendekatan
kontrukstivisme. Penelitian ini direncanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap
perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh deskripsi nilai tes kognitif
≥ 76 pada siklus I sebanyak 15 siswa (71,4%), siklus II sebanyak 18 siswa (85,7%). Dari hasil observasi
diperoleh deskripsi adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus I sebanyak
13 siswa (61,9%), siklus II sebanyak 18 siswa (85,7%). Adapun hasil dari angket tentang respons siswa
terhadap pembelajaran diperoleh deskripsi pada siklus I sebesar 14 siswa (66,7%), siklus II sebesar 19
siswa (90,5%). Disimpulkan pembelajaran dengan pendekatan kostruktivisme dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel, terbukti hasil tes kognitif,
aktivitas, dan respons siswa dari siklus I hingga siklus II hasilnya meningkat.