Teknik Layanan Konseling Kelompok Dapat Meningkatkan Perilaku Dalam Mengantisipasi Sikap Agresif Antar Teman Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Pacitan

Authors

  • Yayuk Sri Wahyuningsih

Keywords:

teknik layanan konseling, prilaku, sikap agresif, antar teman

Abstract

Dalam masa pencarian jati diri seorang siswa tidak jarang mereka menemukan permasalahan
atau persoalan dimana permasalahan tersebut dapat mereka selesaikan sendiri yang membuat dirinya
semakin kaya pengalaman hidup namun kadang permasalahan itu tidak dapat mereka selesaikan sendiri
yang membuat dirinya terbebani dan menghambat tugas tugas perkembangan dirinya. Individu yang
mengalami hambatan dalam perkembangan dirinya biasanya mempengaruhi dalam hubungan sosialnya,
mengingat manusia adalah makhluk individu dan sekaligus makhluk sosial.
Perilaku agresif sering dikonotasikan sebagai sesuatu yang negatif dan suatu perusakan atau
penyerangan, sehingga orang yang berperilaku agresif sering dianggap seseorang yang berbadan tinggi
besar dan menakutkan karena dianggap mereka akan mengadakan penyerangan fisik. Penafsiran
tersebut tidak semuanya salah namun tidak juga benar secara keseluruhan, ada sesuatu yang benar tapi
ada juga kekeliruannya. Perilaku agresif biasanya ditunjukkan untuk menyerang, menyakiti atau
melawan orang lain, baik secara fisik maupun verbal. Hal itu bisa berbentuk pukulan, tendangan, dan
perilaku fisik lainnya, atau berbentuk cercaan, makian ejekan, bantahan dan semacamnya.
Peneliti mengambil subyek penelitian pada peserta didik siswa kelas VIII F SMP Negeri 3
Pacitan yang berjumlah 32 anak. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April
2017.
Hasil analisis diperoleh bahwa pada siklus 1 untuk siswa pendiam 5 siswa atau 15,63% siswa
yang menyatakan aktif 18 siswa atau 56,25% siswa yang agresif 7 siswa atau 21,88% dan siswa yang
menyatakan sangat agresif 2 siswa atau 6,25%. Dan siklus 2 pendiam 11 siswa atau 34,38% siswa yang
menyatakan aktif 17 siswa atau 53,13% siswa yang agresif 4 siswa atau 12,5%.

Downloads

Published

2023-11-07