Penerapan Metode Kooperatif Model Tgt (Team Games Tournament) Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sdn Gendran 1

Authors

  • Suyatin Suyatin

Keywords:

matematika, prestasi belajar, metode kooperatif, team games tournament

Abstract

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui
proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran
sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat
dan jelas. Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran deduktif
untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan pembelajaran matematika adalah
melatih cara berpikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa
dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT? (b) Bagaimanakah pengaruh
metode pembelajaran kooperatif model TGT terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar
siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT. (b) Ingin mengetahui
pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap
putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Data
yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu,
siklus I (58.33%), siklus II (75%), siklus III (91.67%).

Downloads

Published

2023-11-07