Penerapan Metode Pembelajaran Imajinatif Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Vi Sdn Ii Cemeng
Keywords:
pembelajaran imajinatif, mengarang, prestasi belajar, bahasa IndonesiaAbstract
Bahasa Indonesia erat kaitannya dengan guru bahasa Indonesia, Berhasil atau tidaknya
pengajaran bahasa Indonesia memang diantaranya ditentukan oleh faktor guru, di samping faktor-faktor
lainnya, seperti faktor murid, metode pembelajaran, kurikulum (termasuk silabus), bahan pengajaran
dan buku, serta yang tidak kalah pentingnya ialah perpustakaan sekolah dengan disertai pengelolaan
yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah: Mengetahui peningkatan prestasi belajar dan pengaruh
motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran imajinatif pada siswa Kelas VI
Semester I SDN Cemeng II tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap
putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa Kelas VI Semester I SDN Cemeng II tahun ajaran 2017/2018. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu,
siklus I (56%), siklus II (77%), siklus III (89%).