Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Stad Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Pokok Bahasan Invitation Siswa Kelas Ix B Smp Negeri 1 Pringkuku
Keywords:
Invitation, Kooperatif, STAD, prestasi belajar, Bahasa InggrisAbstract
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
kooperatif model STAD terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa Kelas IX B SMP Negeri 1
Pringkuku tahun pelajaran 2019/2020, 2) ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan
mata pelajaran bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model STAD pada siswa
kelas IX B SMP Negeri 1 Pringkuku Kabupaten Pacitan.
Kami menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Pringkuku tahun pelajaran 2019/2020. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi.
Penggunaan Metode STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman siswa
tentang invitation yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu
siklus I: 60,71% dan siklus II: 89,29%
Penggunaan metode STAD mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil angket yang diberikan kepada siswa dan rata-rata jawaban
siswa menyatakan bahwa mereka tertarik dan berminat dengan metode STAD sehingga mereka menjadi
termotivasi untuk belajar.