Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Resume Kelompok Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan Pada Siswa Kelas Ix-A Smp Negeri 3 Pacitan
Keywords:
Prestasi belajar, IPA, metode resume,, sistem ekskresi, manusia, kesehatanAbstract
Penelitian tindakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui metode
resume kelompok dalam materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Dan Hubungannya Dengan Kesehatan
pada siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Pacitan
Resume biasanya menjelaskan hal-hal yang telah dicapai individu. Resume kelompok merupakan
cara menarik untuk membantu siswa lebih mengenal satu sama lain atau melakukan semacam
pembentukan tim yang anggotanya sudah saling mengenal. Aktivitas ini bisa sangat evektif jika resume
itu sangat relevan dengan materi pelajaran yang di ajarkan, sesuai prosedur: 1). Bagilah kelas menjadi
sejumlah kelompok beranggotakan 3 hingga 6 siswa. 2). Katakan kepada siswa bahwa aktivitas ini akan
menggali bakat mereka dan merupakan pengalaman yang luar biasa. 3). Katakan bahwa satu cara untuk
mengenali dan membanggakan sumber daya kelas adalah dengan membuat resume kelompok. 4).
Berikan kertas koran dan spidol kepada kelompok untuk menunjukkan resume mereka.
Waktu kegiatan penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan
Nopember tahun 2016 pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian yang digunakan
adalah siswa-siswi kelas IX-A SMP Negeri 3 Pacitan dengan jumlah 31 siswa.
Hasil analisis pada masing-masing siklus dapat diketahui hasil yang semakin baik. Dengan
pembelajaran IPA yang dilakukan dengan metode resume kelompok, maka pemahaman siswa terhadap
materi semakin meningkat dalam mempelajari sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus 1 sebesar 41,94%, dan siklus
2 menjadi 77,42 % dengan kenaikan 35,48%. Dengan demikian pembelajaran kooperatif model resume
kelompok memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa yang dilakukan
memperoleh hasil yang positif.