Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Pada Siswa Kelas Xi Tkj-A Smk Negeri 1 Donorojo

Authors

  • Aris Sunarno

Keywords:

hasil belajar, bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan penelitian mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar
Bahasa Inggris melalui model pembelajaran Guided Inquiry Learning pada siswa kelas XI TKJ-A SMK
Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Pembelajaran Guided Inquiry Learning/inkuiri terbimbing
merupakan metode inkuiri dimana guru membimbing siswa melakukan kegiatan dengan memberi
pertanyaan awal dan mengarahkan pada suatu diskusi. Dalam proses belajar mengajar dengan metode
inkuiri terbimbing, siswa dituntut untuk menemukan konsep melalui petunjuk-petunjuk seperlunya dari
seorang guru.
Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Donorojo Kabupaten
Pacitan, waktu penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2016 semester genap
tahun pelajaran 2015/2016. Adapun subyek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI Teknik
Komputer dan Jaringan (TKJ-A) semester 2, dengan Jumlah adalah sebanyak 31 orang siswa. Sedangkan
data yang diperlukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ini akan
dikumpulkan dengan teknik: 1) Tes formatif; 2) Observasi/pengamatan; 3) Rubrik Penilaian Kinerja
Kelompok.
Hasil Analisis pada kondisi awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas XI TKJ-A SMK
Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan ini adalah 62,7 kemudian nilai rata-rata ini meningkat sedikit
pada pertemuan ke-1 yakni menjadi 65,6, meningkat kembali menjadi 69,3. Pada awal siklus 2 yakni
pada pertemuan ke-1 nilai rata-rata ini meningkat kembali menjadi 77,7 pada pertemuan ke-2 menjadi
80,8. Selanjutnya dari grafik di atas juga dapat dilihat bahwa nilai tertinggi yang diraih siswa pada
awalnya adalah 75, kemudian meningkat pada pertemuan ke-1 menjadi 80, pada pertemuan ke-2 menjadi
85. Sedangkan pada siklus 2 nilai tertinggi pada pertemuan ke-1 meningkat menjadi 90, dan pertemuan
ke-2 menjadi 95.
Dengan melihat adanya peningkatan hasil belajar siswa, maka berarti pembelajaran model
Guided Inquiry Learning cukup efektif dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Kelas XI TKJ-A SMK Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan.

Downloads

Published

2023-11-07