Peningkatan Hasil Belajar Dan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Uang Dan Lembaga Keuangan Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Kelas Ix E Smp Negeri 1 Punung

Authors

  • Titik Handayani

Keywords:

: Hasil Belajar, IPS, Minat, Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Tujuan penelitian perbaikan pembelajaran ini adalah: (1) Mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX E
semester I SMP Negeri 1 Punung Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada pembelajaran IPS kompetensi
dasar mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan. (2) Mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat siswa Kelas IX E semester
I SMP Negeri 1 Punung Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada pembelajaran IPS kompetensi dasar
mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau sering disebut dengan CAR (Classroom
Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan tiga siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IX E semester I SMP Negeri
1 Punung tahun pembelajaran 2018/2019, yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki
dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara,
dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IX E semester I SMP Negeri 1 Punung Tahun Pembelajaran
2018/2019 pada pembelajaran IPS kompetensi dasar mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 37,93% (11 anak
tuntas) meningkat menjadi 58,62% (17 anak tuntas) pada siklus II dan masih mengalami peningkatan
menjadi 96,55% (28 anak tuntas) pada siklus III. (2) Penerapan model pembelajaran Numbered Heads
Together (NHT) dapat meningkatkan minat siswa Kelas IX E semester I SMP Negeri 1 Punung Tahun
Pembelajaran 2018/2019 pada pembelajaran IPS kompetensi dasar mendeskripsikan uang dan lembaga
keuangan dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator minat belajar siswa
setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar siswa adalah 62%. Pada
siklus II menjadi 70% atau mengalami peningkatan sebesar 8%. Pada siklus III mengalami peningkatan
sebesar 19% sehingga menjadi 89%. Pemaparan ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator minat
belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan, yaitu 75%.

Downloads

Published

2023-06-26