Peningkatan Hasil Belajar Menulis Surat Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Pada Siswa Kelas Xii Apat 1 Smk Negeri 2 Pacitan

Authors

  • Umi Wahidah

Keywords:

belajar, menulis, surat, pembelajaran kooperatif, group investigation

Abstract

Selama ini proses belajar mengajar untuk mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Pacitan
masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah sehingga hasil belajar siswa belum maksimal.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru sekaligus peneliti menerapkan model pembelajaran
Group Investigation untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan berpikir kritis, aktif dalam
pembelajaran, bertanggung jawab, meningkatkan pemahaman dan kepuasan siswa terhadap materi
pembelajaran.
Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas
dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
tes, dokumentasi, wawancara, angket, catatan lapangan.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMK Negeri 2 Pacitan dengan subjek penelitian siswa kelas
XII APAT 1 yang berjumlah 25 orang. Peneliti sebagai guru bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Pacitan
berkolaborasi dengan guru mata pelajaran yang sama di kelas XII. Kehadiran kolaborator adalah sebagai
pengamat. Untuk mengetahui kegiatan siswa selama proses pembelajaran dilakukan observasi dengan
menggunakan instrumen lembar aktivitas. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa
digunakan uji kompetensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang dinyatakan tuntas atau memperoleh nilai di atas
KKM 75 pada pratindakan sebanyak 4 siswa (16%), pada siklus I sebanyak 14 siswa (56%), sedangkan
pada siklus II mengalami peningkatan yakni 23 siswa (92%). (2) Tanggapan yang diberikan siswa
terhadap pembelajaran kooperatif model Group Investigation sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan
adanya sikap senang dengan pembelajaran ini karena menuntut siswa untuk aktif sehingga kegiatan
pembelajaran tidak monoton.
Dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan peningkatan nilai siswa
dalam setiap siklus dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation telah mampu meningkatkan
hasil belajar siswa dalam menulis surat. Model Group Investigation sebagai salah satu pembelajaran
kooperatif memang sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.
Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) pembelajaran kooperatif
selayaknya diterapkan oleh guru untuk berbagai mata pelajaran. Khususnya model pembelajaran
Group Investigation dapat dijadikan alternatif pilihan dalam proses belajar mengajar di kelas untuk
meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, (2) siswa
perlu memahami langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation agar pembelajaran dapat
berjalan dengan lancar. Di samping itu diharapkan siswa berani dalam mengajukan pertanyaan maupun
berargumentasi guna lebih memahami materi yang dipelajari.

Downloads

Published

2023-06-26