Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nambered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Kaidah Pencacahan Siswa Kelas Xii Mipa-2 Sman 1 Ngadirojo
Keywords:
Nambered Heads Together, NHT, Motivasi, prestasi belajar, hasil belajarAbstract
Observasi awal yang dilakukan menunjukkan adanya permasalahan pembelajaran matematika di SMA
N 1 Ngadirojo antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru
(teacher centered) dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kondisi tersebut perlu
adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Nambered
Heads Together (NHT) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika kaidah pencacahan siswa kelas XII MIPA-2
SMA Negeri 1 Ngadirojo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Adapun jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di Kelas XII
MIPA-2 tahun Pelajaran 2022/2023 di SMA N 1 Ngadirojo dengan jumlah siswa 36 orang. Pelaksanaan
tindakan terbagi menjadi dua siklus. Lembar observasi motivasi digunakan untuk mengetahui motivasi
belajar siswa dan tes esai terstruktur digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari 83,3% pada siklus
I menjadi 91% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa ketuntasan
klasikal meningkat 6% dari 83% menjadi 89%, dan peningkatan rata-rata kelas sebesar 4,65 dari 81,00
menjadi 85,65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
NHT yang digunakan peneliti, dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun langkahlangkah yang dilakukan oleh peneliti adalah Numbering (Penomoran), Questioning (Pengajuan
Pertanyaan), Heads Together (Berpikir Bersama) dan Answering (Menjawab).
Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah: (1) mengelola waktu dengan cermat
agar pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan terutama pada tahap berpikir bersama
dan menjawab. (2) memberikan pemahaman kepada siswa tentang aturan pembelajaran NHT agar dapat
melaksanakan tugas sesuai perannya dan sesuai waktu yang direncanakan. (3) membuat alat ukur untuk
mengetahui hasil belajar siswa pada masing-masing materi dengan tingkat kesulitan/kompleksitas
yang sesuai dengan kemampuan anak. (4) menyiapkan perangkat dan sarana sebagai penunjang dalam
kegiatan pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan lebih matang. (5) memberikan perangkat kegiatan
kepada siswa dengan mempertimbangkan jenis kegiatan dan jumlah siswa agar keterlibatan siswa
dalam kelompok merata.