Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas Ixb Smp Negeri 1 Punung Pacitan

Authors

  • Suharsono Suharsono

Keywords:

Bilangan berpangkat, bentuk akar, cooperative script, pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah sampai saat ini banyak anggapan siswa
bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap tidak mudah dimengerti
dan sukar dipahami. Banyak siswa yang tidak tertarik dan tidak berminat belajar matematika. Untuk
itu perlu usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan hendaknya siswa perlu kita pacu pada
peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada matematika
materi Bilangan berpangkat dan bentuk akar menggunakan pendekatan kolaborasi siswa kelas IXB
semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Punung yang terdiri dari 29 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar
siswa yang diambil dari hasil tes pada setiap siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran
yang diambil dari lembar observasi guru. Sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran diambil dari
lembar observasi siswa.
Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai lebih dari atau
sama dengan KKM = 68 pada siklus I ada 21 siswa dengan persentase 72,4% dan pada siklus II ada 25
siswa dengan persentase 86,2%. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata skor pada
siklus I sebesar 70 dan pada siklus II diperoleh 86,9. Hasil pengamatan untuk guru pada siklus I skor
rata-rata 83,15 dan 88,95 pada siklus II.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kolaborasi atau
Kolaborasi pada kegiatan belajar mengajar matematika materi Bilangan berpangkat dan bentuk akar
siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Punung Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan. Hal ini dapat
dibuktikan dari hasil tes siswa rata- rata nilainya cukup baik. Agar dapat mencapai hasil yang optimal
dalam pencapaian tujuan pembelajaran, guru harus mempertimbangkan kemampuan peserta didik dan
fasilitas belajar apa yang diperlukan

Downloads

Published

2023-06-26