Upaya Penerapan Pembelajaran Model Problem Solving Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Kewirausahaan Mengelola Badan Usaha Pada Siswa Kelas Xi Tphp-1 Smk Negeri Bandar Kabupaten Pacitan
Keywords:
Problem solving, prestasi belajar, kewirausahaan, pembelajaranAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Penerapan Pembelajaran Model Problem Solvıng dapat
Meningkatkan Prestasi Belajar Kewirausahaan Mengelola Badan Usaha Pada Sıswa Kelas XI TPHP-1
SMK Negeri Bandar Kabupaten Pacitan Pacitan. Berdasarkan observasi pendahuluan, bahwa salah satu
mata pelajaran yang kaya pemecahan masalah dan menuntut siswa lebih banyak berpikir analitis adalah
mata pelajaran Kewirausahaan terutama yang diajarkan pada siswa kelas XI SMK Negeri Bandar
Kabupaten Pacitan.
Adapun yang merupakan subyek penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik
Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) yang berjumlah 25 siswa. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada
semester genap pada bulan Februari sampai dengan April 2018, tahun pelajaran 2017/2018. Dalam
penelitian ini, alat yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini,
yaitu: (1) tes, (2) wawancara, dan (3) observasi. Hasil Evaluasi dari masing-masing siklus adalah
pada masing-masing siklus terdapat adanya peningkatan tingkat keberhasilan terutama yang berkaitan
dengan mengidentifikasi Masalah, perumusan masalah, menguji hipotesis dan pemecahan masalah
dengan keberhasilan yaitu nilai ketuntasan belajar pada siklus I adalah 60%. Kemudian pada siklus II
tingkat ketuntasan siswa adalah 80% dan pada kegiatan siklus III sudah mencapai lebih dari 75% yaitu
88%. Peningkatan dari masing-masing siklus dapat diasumsikan dengan kenaikan rata–rata mencapai
lebih dari 14%. Dengan demikian penerapan pembelajaran Model Problem Solvıng dapat meningkatkan
prestasi belajar kewirausahaan mengelola badan usaha pada siswa kelas XI TPHP-1 SMK Negeri
Bandar Kabupaten Pacitan Pacitan.