Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Bisnis Online Pelajaran Tata Niaga (Pemasaran) Pada Siswa Kelas Xi Bdp-1 Smk Negeri 2 Nganjuk
Keywords:
Pembelajaran, Savi, bisnis Online, tata niagaAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa masih ditemui dalam proses pembelajaran
mata pelajaran Bisnis Online yang menitik beratkan pada dominasi guru dan siswa diperlakukan secara
pasif sehingga menjadikan siswa kurang memahami apa yang diharapkan dalam kurikulum. Penelitian
ini bertujuan agar siswa dapat meningkatkan kemampuan mendeskripsikan Bisnis Online melalui model
pembelajaran SAVI dan Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar kelompok siswa kelas XI BDP-1 SMK
Negeri 2 Nganjuk Kab. Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah adanya model pembelajaran SAVI
dalam pembelajaran.
Motode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan,
Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
studi dokumentasi (mendokumentasikan hasil kegiatan tiap siklus). Teknik analisis datanya adalah
teknik deskriptif kuantitatif dengan mean (rata-rata hitung) dan persentase (%) dan deskriptif kualitatif
dengan kategori-kategori amat baik (A), baik (B), cukup baik (C), kurang (D), dan amat kurang (E)
dengan keterangan nilai kuantitatif rata-rata hitung dengan angka dalam bentuk skor 0-100 (bilangan
bulat) sedangkan secara kualitatif keterangan nilai dengan huruf.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) peningkatan kemampuan menyelidiki tekanan pada benda
padat, cair, dan gas melalui model pembelajaran SAVI pada siswa kelas XI BDP-1 SMK Negeri 2
Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 persentase keberhasilannya mencapai 93,3% (28 siswa) dari 30
siswa. 2) model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan aktivitas belajar kelompok siswa kelas XI
BDP-1 SMK Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019 .