Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Kelas Viii-A Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Pq4r Di Smp Negeri 1 Bandar

Authors

  • Muhammad Amnan

Keywords:

Strategi Pembelajaran, PQ4R, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi ketercapaian hasil belajar
siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan pada pembelajaran Pendidikan Agama
Islam adalah strategi pembelajaran PQ4R. Rumusan masalah penelitian ini adalah "Apakah penerapan
strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2018/2019?" Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa
melalui penerapan strategi pembelajaran PQ4R di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran
2018/2019.
Penelitian dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3
siklus. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Bandar yang
berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik
analisa data menggunakan teknik holberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan penelitian ini adalah pertama; hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran PQ4R di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Bandar Tahun
Pelajaran 2018/2019 adalah rendah yaitu dari 21 siswa hanya terdapat 6 siswa atau 28,57% yang
mencapai ketuntasan, sedangkan 15 siswa atau 71,43% lainnya memperoleh nilai di bawah kriteria
ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata siswa sebesar 52,86. Kedua, hasil belajar mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam siswa setelah penerapan strategi pembelajaran PQ4R di kelas VIII-A SMP
Negeri 1 Bandar Tahun Pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus 1
persentae ketuntasannya adalah 47,62% dan masuk ke dalam ketegori rendah. Pada siklus 2 prosentase
ketuntasannya adalah 71,43% dan masuk ke dalam kategori baik. Pada siklus 3 persentae ketuntasannya
adalah 100% dan masuk ke dalam kategori baik. Ketiga, Penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat
meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1
Bandar Tahun Pelajaran 2018/2019 setiap siklus sebesar 23,81%.

Downloads

Published

2023-06-26