Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Dengan Metode Conference Writing Siswa Kelas Ix C Smp Negeri 1 Punung

Authors

  • Pujo Basuki

Keywords:

menulis, cerpen, conference writing

Abstract

Pembelajaran menulis cerpen terdapat dalam pembelajaran kelas IX semester I. Pembelajaran menulis
masih belum banyak mendapat perhatian dari guru. Siswapun masih kurang terbiasa untuk menulis,
apalagi menulis cerpen. Hal ini perlu didefinisikan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen masih
relatif rendah, indikatornya sebagai berikut: (a) Siswa kesulitan menemukan ide/tema, (b) Kesulitan
menambah kalimat pertama untuk memulai menulis dan (c) Siswa sering menulis kalimat kurang padu.
Sehingga dapat dirumuskan: Bagaimana metode conference writing dapat membantu siswa menemukan
ide/tema. Membantu menemukan kalimat pertama mengawali menulis, dan membantu menggunakan
kalimat yang padu dalam menulis cerpen. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan
menulis cerpen yang berdasarkan pada refleksi kehidupan sehari-hari dengan metode conference
writing, khususnya pembelajaran menulis cerpen di lingkungan di SMP Negeri 1 Punung siswa kelas IX
C semester I. Penelitian ini di rancang secara kualitatif untuk mendapatkan keakuratan hasil penelitian
tindakan kelas yang dilakukan.
Skor hasil menulis cerpen menggunakan metode conference writing (menulis bersama) dikelompokkan
menjadi tiga penilaian, selanjutnya akan dihitung berdasarkan nilai rata-rata atau mean dari skor perolehan
siswa tersebut. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen dengan metode conference
writing siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Punung mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan metode
conference writing dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata 69,71. Sedangkan setelah diadakan
peningkatan dengan metode conference writing (menulis bersama) hasilnya meningkat menjadi 76,96
dan putaran ketiga meningkat menjadi 80,17. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan bahwa
semua guru diharapkan memberikan pelayanan, motivasi dan mencari kelemahan-kelemahan siswa
serta memecahkannya sehingga prestasi siswa akan lebih baik. dan akan mendapatkan metode-metode
baru yang berguna untuk meningkatkan prestasi siswa, sehingga perkembangan pendidikan ke depan
akan lebih baik.

Downloads

Published

2023-06-26