Penerapan Metode Problem Base Learning Berbantuan Internet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Informatika Siswa Smpn 1 Punung
Keywords:
problem base learning, internet, hasil belajar, prestasiAbstract
Berdasarkan pengalaman di lapangan, salah satu sebab kurang maksimalnya hasil belajar siswa
adalah karena rendahnya motivasi mereka dalam belajar. Banyak siswa yang tidak terlibat secara aktif
dalam proses pembelajaran. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sebagai
upaya membangkitkan motivasi, sehingga anak dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Sejauhmanakah peningkatan hasil belajar
Algoritma pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Punung setelah diterapkannya metode Problem
Base Learning berbantuan internet? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar Algoritma pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Punung dengan menggunakan
metode Problem Base Learning berbantuan internet. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan
(action research), yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas VII
A SMP Negeri 1 Punung Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2022/2023. Dari hasil analisis didapatkan
bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 3 yang ditunjukkan
dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 73,8 pada siklus 1, 80,33 pada siklus 2 dan 85,33 pada
siklus 3, serta peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus 1
(63,33%), siklus 2 (83,33%), dan siklus 3 (93,33%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran
dengan metode pengajaran Problem Base Learning berbantuan internet memiliki dampak positif dalam
peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa