Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Media Sumber Belajar Melalui Kelompok Kerja Guru

Authors

  • Wawuk Sudarwati

Keywords:

Pemanfaatan Lingkungan Sekolah, Media Sumber Belajar, Kelompok Kerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam memanfaatkanl
ingkungan sekolah dengan menggunakan metode diskusi Kelompok Kerja Guru. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi/refleksi. Sasaran penelitian ini adalah
guru SMP Negeri 4 Arjosari Satu Atap tahun pelajaran 2022/2023. Data yang diperoleh berupa aktivitas
guru dalam diskusi kelompok kerja guru. Rancangan pembelajaran (RPP) dan aktivitas pembelajaran
dengan menggunakan rancangan pembelajaran yang sebelumnya telah disusun dalam diskusi guru
tersebut. Dari hasil analisis diperoleh bahwa pada siklus I, ada peningkatan kemampuan guru dalam
memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Dari 8 orang guru yang terlibat, 5 orang
guru sudah mendapat skor dengan kategori “baik” sedangkan 3 orang guru dengan kategori “cukup”.
Pada siklus II yang hasilnya secara umum ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu 75% guru
sudah mendapatkan kategori baik dengan skor rata-rata 80-89.

Downloads

Published

2024-02-27