Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Tajwid Pada Siswa Kelas VII A Semester II Smp Negeri 1 Punung Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016”
Keywords:
PTK, inquiry, prestasi belajar, tajwidAbstract
Pembicaraan mengenai pendidikan selalu diarahkan kepada guru. Guru selalu dianggap sebagai
pihak yang bertanggung jawab dalam operasionalisasi pendidikan ditingkat sekolah. Sehingga ketika
pendidikan dituding sebagai pihak yang bertanggung jawab atas menurunnya kualitas sumber daya
manusia, secara langsung guru merupakan pihak yang bertanggung jawab. Dengan demikian guru
merupakan pihak yang sangat menentukan dan memegang peranan yang sangat penting terhadap
kemajuan pendidikan yang bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (Sonhadji, 2000).
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap
peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi tajwid. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan (Action Research) sebanyak tiga siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII
A SMP Negeri 1 Punung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Data diperoleh berupa nilai tes
formatif dan observasi saat kegiatan belajar mengajar tiap siklus. Dari analisis didapatkan ketuntasan
belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus yaitu masing-masing 46,88%, 71,88%, dan 100%.
Nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan setiap siklus yaitu, 69,41, 73,63 dan 81,25.
Kesimpulan penelitian adalah penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII A semester II SMP Negeri 1 Punung
Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2015/2016, dengan strategi yang diterapkan siswa merasa nyaman
dan bersemangat dalam belajar sehingga nilai rata-rata siswa meningkat.