Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Garis Bilangan Siswa Kelas Vii A Semester I Smp Negeri 1 Punung Tahun Ajaran 2021/2022
Keywords:
Prestasi Belajar, Bilangan Bulat, Alat Peraga Garis BilanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar materi bilangan bulat siswa Kelas VII
A Semester I SMP Negeri 1 Punung Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode penelitian ini adalah penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus di mana tiap siklus
meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas
VII A Semester I SMP Negeri 1 Punung Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan: (a) Partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar Siklus I ada
30% siswa acuh, 43% sedang, dan 27% aktif. Tindakan Siklus II ada 30% siswa acuh, 43% sedang, dan
27% aktif. Tahap Siklus III ada 20% siswa acuh, 40% sedang, dan 40% aktif. (b) Alat peraga garis
bilangan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat,
dengan Skor Rata-Rata Siklus I adalah 64 dan ketuntasan belajar 53% (16 Siswa), Siklus II adalah 66
dan ketuntasan belajar 70% (21 Siswa), sedangkan Siklus III adalah 72 dan ketuntasan belajar 90% (27
Siswa). Tingkat kemampuan siswa memahami soal Siklus I 50% tidak dapat menjumlahkan dan
mengurangkan bilangan bulat positif dengan negatif, 45% tidak dapat mengalikan bilangan bulat positif
dengan negatif, dan 42% tidak dapat membagi bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif.
Siklus II ada 25% tidak dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan
bulat negatif, 20% tidak dapat mengalikan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif, dan 15%
tidak dapat membagi bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif. Tindakan Siklus III ada 8%
tidak dapat menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif, 10%
tidak dapat mengalikan bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif, dan 9% tidak dapat
membagi bilangan bulat positif dengan bilangan bulat negatif.