Peningkatan Keterampilan Bercerita Tentang Tokoh Idola Menggunakan Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas VII C Semester II Smp Negeri 1 Punung Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2016/2017

Authors

  • ELY RUSMALA DEWI

Keywords:

keterampilan bercerita, media kartu bergambar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita tentang tokoh idola
menggunakan media kartu bergambar pada siswa Kelas VII C Semester II SMP Negeri 1 Punung
Kabupaten Pacitan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas ini mengacu langkah Kemmis dan Mc.Taggart dengan empat prosedur: a)
Perencanaan, b) Tindakan, c) Observasi, dan d) Refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dan
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Punung, Kabupaten Pacitan. Subjek penelitian adalah Kelas VII C yang
terdiri 28 siswa. Objek penelitian ini: keterampilan bercerita. Pengumpulan data menggunakan: angket,
observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes keterampilan bercerita. Instrumen
penelitian yang digunakan: angket, lembar observasi, pedoman wawancara, tes bercerita, catatan
lapangan, dan lembar penilaian keterampilan bercerita siswa. Teknik analisis data menggunakan
kualitatif yang didukung data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Media kartu bergambar
dapat meningkatkan proses pembelajaran keterampilan siswa, terbukti dari meningkatnya keaktifan
siswa, perhatian dan konsentrasi siswa, keberanian siswa, serta minat siswa dengan skor rata-rata siswa
saat Pratindakan 10,36, kemudian meningkat menjadi 13,88 Siklus I, dan meningkat kembali Siklus II
menjadi 16,04. (2) Peningkatan secara produk dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan bercerita
dari Pratindakan sampai Siklus II. Skor rata-rata kelas yang diperoleh Pratindakan sebesar 17,69,
kemudian meningkat menjadi 20,64 Siklus I dan meningkat lagi menjadi 23,06 Siklus II. Peningkatan
skor rata-rata kelas Pratindakan hingga Siklus II sebesar 5,37.

Downloads

Published

2024-02-27